Senin, 14 September 2015

Belajar sebuah kejujuran walaupun sakit.

          Entah udah berapa lama ane denger kata ‘Jujur’ dalam hidup ane, tapi yang pasti ada aja orang-orang yang hilir mudik dalam kehidupan ane, yang ane rasa ‘Mereka berbohong’ , entah kenapa ane kadang suka bisa baca ekspresi atau isi hati orang lain, meski tanpa mereka ungkapkan, yang pasti, pertama ane bukan titisan paranormal, kedua ane gak punya indra keEnam.
          Jadi kemungkinan  yang paling tepat untuk menjawab kenapa ane bisa membaca apa yang dirasakan orang lain tanpa yang bersangkutan ngungkapin, itu karena ane kelewat ‘sensitif’, yap! saking sensitifnya ane, sampe setiap orang yang kenal sama ane atau yang ane kenal, malah memanfaatkan sensitifitas ane, dan alhasil. Ane selalu dijadiin buku harian orang-orang, ialah. Orang kalau ada apa-apa mereka selalu curhat sama ane, terus minta saran.
          Dan ya, pasti pembaca udah bisa nebak dong, gimana keseharian ane kalau di sekolah? Yup, ditarik sana sini, cuman buat ngedengerin curhatan sama ngasih saran doang, tapi ya, ane sih bersyukur juga, karena ngerasa dibutuhin sama orang lain, seenggaknya walaupun ane gak bisa bantu nyelesain permasalahan mereka, tapi ane selalu ada buat mereka.
          Dimulai dari rasa sensitifitas ane yang tinggi itu, membuat ane jadi orang yang bertopeng? Eh, bukan dalam artian bertopeng sebenarnya, tapi bertopeng dalam arti kiasan. Entah kenapan, ane selalu gak bisa ngungkapin ekspresi di depan orang lain, contohnya ekspresi gak suka, ekspresi marah (kalau masih dalam batas normal), atau ekspresi sedih, soalnya ane berfikirnya kalau ane ada dalam posisi mereka, sementara hati ane kelewat sensitif kayak kristal Kw, pasti enggak enak dan nyakitin banget.
          Jadi deh, setiap ane ngerasa ane mulai mau marah, sedih, atau gak suka sama orang lain, pasti deh ane pendem dalem-dalem dan gak tau kenapa, pasti ada aja hal yang ngebuat ane dengan cepat ngelupain hal itu semua. Meski pun ane sesitif tapi itu gak ngebuat ane jadi orang yang sensia alias ‘pundungan’ kalau kata bahasa ane (selama hal itu gak keterlaluan, ngertikan maksud dari kata ‘keterlaluan’). Justru dari sikap sensitif itu ane jadi bisa lebih ngertiin gimana rasanya sakit tanpa ane sakit, gimana rasanya susah tanpa ane susah, gimana rasanya gak punya temen tanpa ane harus dijauhi sama temen-temen.
                   
          Balik lagi ke tema, ‘Kejujuran’, terkadang kalau pun ane lagi ngobrol sama orang lain, gak jarang juga ane sering ngerasa kalau dia sedang bohong, tapi ane gak mau nge-judge kalau dia tukang boong, sebab yang ane tau “sesuatu bisa terjadi pasti karena alasannya”, begitu pun dengan kebohonga, ane yakin setiap orang yang berbohong pasti punya alasannya masing-masing dan ane cuman bisa ngambil positinya aja.tapi buat ane alasan apa pun itu kebohongan seharusnya wajib di hindari, karena ketika kita dibohongi pun akan menyakitkan bukan? trust me it works! *haha, korban iklan abaykan!.
          Sewaktu sekolah dulu sih, ane sering tanya-tanya sama temen-temen ane, mungkin hampir seluruh orang yang ane kenal pernah ane tanya dengan pertanyaan yang kayak gini,”Menurut lo, mending kejujuran yang menyakitkan, atau kebohongan yang membahagiakan tapi berakhir dengan kekecewaan?”
Ya, kira-kira kayak gitulah model pertanyaan ane, dan hampir semua orang yang ane tanya, ngejawab, “Kejujuran dong, karena walaupun menyakitkan jujur tetaplah yang terbaik, “ itulah yang jadi jawaban favorit setiap orang yang ane tanya, tapi penelitian ane, gak cukup sampai di situ, ane coba buat mempraktekkannya ‘Jujur itu yang terbaik’ dan, fakta yang ane dapet, justru banyak orang yang lebih suka boong dan kebohongan, meski pun mereka terus bilang kejujuran yang terbaik, tapi pada praktek yang mereka lakukan sendiri 0 besar!
Dan baru-baru ini, ane ngambil sebuah pelajaran dari tempat ane kerja. Disana ane ketemu orang-orang dari berbagai karekter dan sifat yang pastinya beda-beda, dan disana juga ane belajar, kalau gak semua orang yang kita cap baik-itu baik, karena terkadang banyak banget orang yang memakai topeng sama seperti ane, ya meski alasan ane sama mereka beda, tapi topeng tetaplah topeng!.
Dan ini bukanlah hasil peneletian lagi, tapi langsung ane praktekin dan ane rasain dampaknya, ini sih berawal saat bos ane minta kepada seluruh karyawannya untuk jujur meski pun sulit, sampai dimana ane mencoba jujur pad bos, kalau ane mau resigned dari kantornya, dan pembaca tau, awalnya sih tuh bos biasa-biasa aja dan bilang kalau itu gak masalah.
          Tapi ketika tuh bos kekantor, perilakunya ke ane jadi berubah 1800 jadi cuek dan gak bersahabat lagi, beda banget waktu ane masuk ke kantornya dan selama ane kerja disana, dia tuh baik, hangat dan care banget sama ane, bukannya mau membanggakan diri, tapi ketika ane kerja disana, ane memang satu-satunya orang yang bisa diandalkan, dan punya cukup kompetensi keahlian untuk bekerja, tapi yah! Ane sih cuman ngikutin saran bos, kalau jujur itu terbaik, daripada ane kayak karyawan-karyawannya yang sebelumnya yang keluar tanpa pamit?
 yah, cuman sampe situ dulu deh tulisan ane, walau gak nyambung antara judul dan isinya, tapi makasih buat orang-orang yang selama ini mau baca tulisan ane, dan buat secret admirer ane yang udah dengan setia me-stallker ane. thanks banget. pokonya thanks banget deh buat semua pembaca.

         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar